You and Me Never Walk Alone

Thursday, May 30, 2013

PNS dan Pekerja Wajib Latihan Militer

Pemerintah melalui RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara mengatur PNS, pekerja/buruh, dan komponen lain masuk dalam komponen cadangan. Apa pertimbangan pemerintah?

Dalam draf yang diperoleh detikcom, Kamis (30/5/2013), pemerintah menyertakan pertimbangan mendasar mengusulkan RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara ke DPR. Pasal 1 ayat (2) RUU Komponen Cadangan menuliskan definisi komponen cadangan sebagai sumber daya nasional, serta sarana dan prasarana nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama.

Di pasal 2 diatur tujuan pembentukan komponen cadangan. Tujuannya untuk memperkuat kemampuan TNI sebagai komponen utama. Lengkapnya sebagai berikut:

"Komponen Cadangan dibentuk dengan tujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Tentara Nasional Indonesia sebagai Komponen Utama dalam upaya penyelenggaraan pertahanan," demikian bunyi pasal 2 RUU Komponen Cadangan.

Sementara di pasal 3 diatur komponen cadangan merupakan salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara, seluruh sumber daya alam dan sumber daya buatan serta sarana dan prasarana dalam usaha pertahanan negara.

"Komponen Cadangan hanya digunakan pada saat latihan dan mobilisasi," demikian bunyi pasal 4 yang mengatur tentang aktivitas komponen cadangan yang terdiri dari PNS, buruh/pekerja, pensiunan TNI, dan masyarakat sipil yang merelakan dirinya ikut komponen cadangan.

Sementara pasal 5 mengatur bahwa komponen cadangan hanya dibina dan disiapkan sebagai antisipasi gangguan keamanan, dalam keadaan damai.

sumber: detiknews.com

Wednesday, May 29, 2013

Jadwal Penerbangan Bandara Ahmad Yani

Bandara Ahmad Yani Semarang merupakan pintu masuk jalur utama udara menuju Semarang, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah.
Berada di kawasan Bundaran Kalibanteng, Semarang Barat, bandara ini cukup strategis karena dekat dengan pusat kota. Dari bandara ini, pendatang yang tiba hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit menuju jantung kota, Simpanglima.
Berikut jadwal penerbangan domestik dari Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu (29/5).
MASKAPAI
FLIGHT
WAKTU
TUJUAN
GARUDA INDONESIAGA-23106:00JAKARTA
WINGS AIRIW-180006:15SURABAYA
LION AIRJT-51106:20JAKARTA
SRIWIJAYA AIRSJ-22106:20JAKARTA
WINGS AIRIW-180206:30DENPASAR
AIR ASIAQZ 756907:10JAKARTA
LION AIRJT-50107:25JAKARTA
GARUDA INDONESIAGA-23307:45JAKARTA
AIR ASIAAK 131109:00KUALA LUMPUR
WINGS AIRIW-183809:35SURABAYA
GARUDA INDONESIAGA-23509:40JAKARTA
LION AIRJT-50509:45JAKARTA
SRIWIJAYA AIRSJ-22409:50SURABAYA
MERPATIMZ 597910:10SAMPIT
KALSTARKD.60310:30PANGKALANBUN
KALSTARKD.10:35KETAPANG
SRIWIJAYA AIRSJ-22511:20JAKARTA
GARUDA INDONESIAGA-23711:25JAKARTA
WINGS AIRIW-183411:50SURABAYA
TRIGANATGN.70212:20PANGKALANBUN
GARUDA INDONESIAGA-23913:20JAKARTA
LION AIRJT-50713:25JAKARTA
GARUDA INDONESIAGA-36913:45SURABAYA
MERPATIMZ 395914:30BANDUNG
SRIWIJAYA AIRSJ-22314:50JAKARTA
LION AIRJT-51314:50JAKARTA
GARUDA INDONESIAGA-24115:05JAKARTA
LION AIRJT-54215:10BANJARMASIN
AIR ASIAQZ 756516:05JAKARTA
GARUDA INDONESIAGA-24316:20JAKARTA
LION AIRJT- 50317:05JAKARTA
GARUDA INDONESIAGA-24517:30JAKARTA
LION AIRJT-66617:35BALIKPAPAN
CITILINKQG-931618:15BALIKPAPAN
LION AIRJT-51518:40JAKARTA
GARUDA INDONESIAGA 24718:50JAKARTA
LION AIRJT- 50919:55JAKARTA

sumber: suaramerdeka.com

Beauty is Pain

SUSAH memang menjadi pengantin. Untuk bisa tampil spesial di hari istimewa, mereka harus rela dirias berjam-jam. Belum lagi ketika harus mengebakan pakaian yang acap membatasi gerak. Ya, pepatah sering berucap dimana beauty is pain.

Besarnya keinginan untuk tampil istimewa menjadikan produk fashion macam kebaya pengantin tak mengenal kata mati. Perjalanan waktu beriring dengan pengekpresian detail yang nyaris tanpa batas. Termasuk dalam pilihan warna sepert sejumlah koleksi kebaya pengantin yang digelar dalam Launching Paket Pernikahan 2012 sekaligus peragaan busana bertema Pandanaran Mantu di hotel Pandanaran, Selasa (17/1).

Sejumlah rancangan yang tampil malam itu mengangkat kebaya panjang menyapu lantai. Seperti kebaya warna putih milik sanggar rias Agus. Busana pengantin muslim ini mengunggulkan detail rumbai di satu sisi lengan berikut potongan kerah yang menutup leher. Detail tempel dari potongan kain yang dibentuk menyerupai bunga kecil menyebar nyaris di seluruh bagian.

Kepala tak luput dari sentuhan putih. Demi menghindari kesan monoton, sedikit kain hijau cukuplah berhasil menempatkan posisi sebagai center poin. Anting panjang menjadi ornamen lain yang memberikan nilai tambah.

Putih bukan satu-satunya pilihan warna yang dipilih. Yeni salon misalnya, memilih biru sebagai warna lain dari kebaya pengantin yang juga menyapu lantai. Hanya saja, untuk kebaya model yang satu ini para calon pengantin putri harus ekstra hati-hati dalam mengenakannya.

Para model yang tak diragukan lagi keahliannya berjalan di atas catwalk pun nyaris celaka. "Ékor" kebaya tersebut sempat nyrimpet di kaki model dan nyaris membuatnya terjatuh. Untung saja tangannya sigap menjaga keseimbangan sehingga terhindar dari insiden kurang mengenakkan.

Bukan hanya itu, perkembangan dunia perkebayaan ternyata tetap memikirkan sisi kepraktisan. Terlihat pada salah stau kebaya dengan permainan gradasi yang menggunakan teknik sambung. Pemakainya bisa merubah kebaya tersebut menjadi panjang atau pendek kapan saja dia mau.

Sementara itu, menurut Public Relation Officer Hotel Pandanaran Mytha Adelina di acara tersebut sengaja digelar untuk memberikan gambaran bagi mereka yang ingin menggelar pesta pernikahan. Paket pernikahan yang tersedia akan membuat para penyelenggara tak perlu lagi repot mengurus segala sesuatunya. "Penyelanggaraan pesta pun akan lebih praktis dan efisen," kata dia.

sumber: suaramerdeka.com

Cyber Army Kekuatan Militer Dunia Maya NKRI

Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan berencana untuk membuat tentara cyber. Pasukan inilah yang nantinya bertugas menjaga keutuhan NKRI di dunia maya.

Berbagai jenis serangan cyber memang sudah mulai sering terjadi di Indonesia. Bahkan sekitar tiga pekan lalu, situs Kementerian Pertahanan sempat diretas oleh hacker yang belum diketahui identitasnya.

Tak ingin jadi bulan-bulanan di dunia maya. Pemerintah pun segera berbenah, salah satunya mulai muncul wacana soal memperkuat pertahanan cyber. Hal tersebut dikatakan oleh Pos M Hutabarat, Dirjen Potensi Keamanan Kementerian Pertahanan, Selasa (28/5).

Nah, untuk mempertahankan keutuhan NKRI, Pos merasa aturan terkait pertahanan cyber itu harus segera direalisasikan. Tentara cyber yang dimaksud Pos adalah pasukan militer yang memang diberi pengetahuan khusus soal seluk beluk dunia maya.

Dengan demikian, pasukan ini bisa menangkis atau melakukan serangan cyber ketika dibutuhkan. Cyber army memang bukanlah hal baru dalam dunia militer. Negara adidaya seperti Amerika Serikat, China, Korea Selatan, sampai Iran sudah memiliki tentara cyber yang besar dan handal. Bahkan beberapa di antaranya memang mengemban misi khusus kenegaraan.

Tentara seperti itulah yang diidamkan Kementrian Pertahanan. Sayang, Pos belum bisa memprediksi kapan para tentara cyber di Indonesia bisa segera terbentuk.

Namun, ditengah kegelisahaan pemerintah muncul pula pasukan indie, yang tergabung dalam ICA (Indonesian Cyber Army) lebih lanjut dapat menilik disini

sumber: suaramerdeka dan ICA

Modal 30 Ribu Sudah Bisa Nikah

Biaya pencatatan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) secara resmi telah ditentukan besarnya adalah Rp 30.000. Ketentuan tentang biaya pernikahan tersebut sebagaimana tertuang dalam surat dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jateng bernomor Kw.11.6/1/PW.01/6.394/2013.

"Kami telah mempublikasikan ketentuan mengenai biaya pernikahan ini, sesuai dengan surat dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jateng, baru-baru ini," kata Kepala Bagian Humas Setda, Witarso Saptono Putro, di kantornya, Selasa (28/5).

Menurutnya, berdasarkan surat dari Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jateng itu disebutkan, biaya pencatatan akad nikah di KUA ialah sebesar Rp 30.000.

"Biaya pencatatan pernikahan ini meringankan bagi warga yang akan menikah. Sebab, sebelum ada ketentuan ini, biayanya relatif mahal, bisa mencapai ratusan ribu rupiah," ujarnya.

Diungkapkannya, ketentuan mengenai besaran biaya pencatatan akad nikah tersebut merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2004 dan Peraturan Menteri Agama Nomor 11 tahun 2007.

"Dalam aturan tersebut juga disebutkan, selain di KUA, akad nikah juga bisa dilaksanakan luar KUA atas permintaan calon pengantin, serta atas persetujuan petugas pencatat nikah," tambahnya.

Adapun jika calon pengantin menghendaki pelaksanaan akad nikah di luar KUA, maka disyaratkan yang bersangkutan memiliki alasan yang kuat, dan atas persetujuan petugas pencatat nikah. Hal tersebut dibuktikan dengan surat permohonan calon pengantin dan surat persetujuan petugas pencatat nikah.
 
Witarso mengatakan, penarikan biaya  pencatatan nikah itu harus berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2004 tentang  tarif  atas jenis penyetoran penerimaan negara bukan pajak yang berlaku  pada Kementerian Agama sebesar Rp 30.000.

Kemudian, sesuai dengan surat edaran Inspektur Jenderal Kementerian Agama Nomor IJ/1261/2012 tanggal 13 Desember 2012, Kepala KUA diminta untuk tidak menerima biaya pencatatan nikah lebih dari Rp 30.000.

Saturday, May 25, 2013

Kuliner Legendaris Jakarta


Dinamika kuliner Indonesia terus berkembang seiring kemajuan zaman. Berbagai menu baru terus bermunculan seturut tren. Namun kuliner lama tak begitu saja tumbang. Racikan para pelaku bisnis kuliner tempo dulu terbukti masih banyak diminati. Pelanggan setia pun datang silih berganti.
Menjaga kualitas dan keaslian, itu kata kunci sukses mereka bertahan.  Bagi pemilik kuliner legendaris, iklan paling baik adalah rekomendasi pelanggan yang puas. VIVAlife mencoba menyusuri sejumlah kuliner legendaris yang masih eksis di Jakarta hingga hari ini. Dari sekian banyak, berikut lima kuliner tempo dulu yang terbilang populer.

1. Soto Betawi H. Ma'ruf
Soto Betawi H Maruf
Di dalam kawasan Taman Ismail Marzuki,  berjajar rumah makan dengan berbagai menu andalan. Namun, ada satu rumah makan cukup menarik perhatian.  Kedai itu berdiri di sebuah bangunan tua,  dengan dinding bercat putih. Di atas pintunya terpampang tulisan Rumah Makan Betawi Soto  H. Ma’ruf.  Bagi warga ibukota, nama ini begitu melegenda. Utamanya untuk urusan soto betawi.
Semangkuk kuah santan berbumbu isi daging sapi ditambah emping dan irisan tomat.  Siapa bisa menolak kelezatan kuliner khas Betawi satu ini? Rasa gurih dan nikmat Soto Betawi H. Ma’ruf membuatnya punya penggemar dari berbagai kalangan.  Mulai dari pejabat, tokoh politik, mantan Presiden Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), hingga keluarga Cendana pernah mencicipinya.
Bisnis Soto Betawi H. Ma’ruf dirintis oleh pria asal Betawi,  H. Ma’ruf pada tahun 1940-an. Saat itu, ia menjajakan soto keluar masuk kampung dengan cara dipikul. Ketika tentara Jepang menduduki Indonesia, dan perang yang berkecamuk, H. Ma’ruf pun sempat berhenti berdagang. Ia baru kembali meneruskan bisnisnya pada 1946, dengan berjualan di pasar Boplo atau pasar Gondangdia.
Tak lama, H. Ma’ruf mendirikan warung soto Betawi pertamanya di  dekat Kantor Imigrasi, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Setelah sempat beberapa kali pindah, akhirnya dagangan soto Betawi tersebut menetap di areal Taman Ismail Marzuki hingga saat ini.
Sekarang, bisnis tersebut diteruskan oleh putranya, Muchlis Ma'ruf yang mengaku ingin melestarikan kebudayaan sang leluhur. "'Kebudayaan' itu adalah kata kerja. Untuk melestarikannya, kita harus bekerja dan berusaha," ucap Muchlis yang memiliki dua cabang Soto Betawi H. Ma’ruf lainnya di Jakarta.
Lihat videonya di tautan ini.
Soto Betawi H. Ma'ruf
Taman Ismail Marzuki
Jl. Cikini Raya 73
Jakarta Pusat
Telp: 021 348817
Buka: Setiap hari 09.00 WIB - 22.00 WIB
Harga:
Soto Betawi: Rp26 ribu per mangkuk
Sate: Rp18 ribu per sepuluh tusuk
2. Mie Ayam Gondangdia
Mie Ayam Gondangdia
Mie adalah jenis kuliner asal China yang begitu populer di seluruh penjuru dunia. Di negara asalnya, mie adalah hidangan tradisional yang disajikan saat seseorang berulang tahun. Ia  juga salah satu simbol pengharapan akan umur panjang. Di Indonesia, kedai yang menyajikan mie ayam legendaris salah satunya adalah Mie Ayam Gondangdia.
Terletak di salah satu kawasan elite Jakarta, kuliner legendaris ini biasa disebut Godila atau Gondangdia Lama sesuai nama jalan sebelum berganti nama menjadi Jalan R.P. Soeroso. Kelezatan mie ayam ini juga banyak menarik para pesohor Tanah Air, seperti Alyssa Soebandono, Limbad, Ruhut Sitompul, dan Tantri ‘Kotak’.
Mie Ayam Gondangdia didirikan oleh Toe Wah Seng  pada 1968. Saat ini usaha mie ayam itu dikelola oleh generasi ketiga sang pendiri, yaitu Rino Chandika. Menu andalan kedai ini tentu saja mie ayamnya yang terkenal. Terbuat dari mie buatan rumah dengan cita rasa yang gurih dan bertekstur kenyal. Mie yang tersedia biasa dinikmati dengan daging ayam, daun sawi, bakso, pangsit rebus dan kuah kaldu.
Semenjak berdiri hingga saat ini, tak banyak yang berubah dari kedai mie itu. Hanya penambahan ruang ber-AC dengan kapasitas kurang lebih 36 orang untuk menampung para pengunjung yang menyerbu ke sana setiap jam makan setiap hari. "Jam makan siang biasanya ramai, terutama saat akhir pekan pengunjung juga ramai. Bahkan harus antre," ucap Rino kepada VIVAlife di sela-sela pekerjaannya mengurus kedai mie ayam itu.
Menurut Rino, kebanyakan pengunjung yang datang adalah mereka yang telah menjadi langganan sejak kedai ini pertama kali buka. Biasanya mereka datang bersama keluarga dan kerabat sehingga kelezatan mie ini tersiar turun temurun. Hingga saat ini, Mie Ayam Gondangdia punya tujuh cabang yang tersebar di Jabodetabek.
Mie Ayam Gondangdia
Jl. R.P. Soeroso No. 36
Jakarta Pusat
Telp. (021) 31926765
Buka: Setiap hari pukul 09.00 WIB - 22.00 WIB
Range Harga:
Makanan: Rp15.000-Rp65.000
Minuman: Rp2.000-Rp20.000
3. Es Krim Baltic
Es Krim Baltic
Di Jakarta ada merek es krim yang melegenda. Namanya es krim Baltic. Es krim ini sudah lumer di lidah warga Jakarta sejak tahun 1939. Namanya juga unik, Baltic.  Sang pendiri kedai es krim itu memungut nama Baltic dari nama sebuah laut di daerah kutub, yang selalu mengalami musim beku sepanjang tahun.
Berbeda dengan es krim lain, Es Krim Baltic memakai bahan baku alami, dan lebih banyak menggunakan susu sapi murni sehingga hasil es krimnya tidak cepat lumer dan memiliki tekstur lembut. Es Krim Baltic juga tidak memakai pengawet sehingga lebih terasa segar.
"Menurut para pengunjung, es krim kami rasanya sangat khas, teksturnya juga lebih pekat dan tidak membuat cepat eneg," ucap Pedro, sang pemilik yang ditemui di kedai es krimnya.
Cara penyajian esk krim ini juga klasik. Es krim ini ditaruh dalam cup,  begitulah caranya sejak kedai ini mulai dibuka pada zaman kolonial. Hingga saat ini, Es Krim Baltic telah memiliki sederet varian es krim dengan begitu banyak pilihan rasa antara lain cokelat, vanila, stroberi, peppermint, rum raisin, blueberry, alpukat, kopyor.
"Awalnya Ayah saya mendirikan usaha es krim ini bersama salah seorang koleganya. Mereka memilih es krim karena sangat disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang tua," ujarnya.
Lihat videonya di tautan ini.
Es Krim Baltic
Jl. Kramat Raya No. 10-12
Senen, Jakarta Pusat 10420
Telp. (021) 3501805/3906409
Buka: Setiap hari pukul 09.00 WIB - 17.00 WIB
Range Harga: Rp3.900-Rp42.000 (Harga Tart Ice Cream sesuai diameternya)
4. Warung Tinggi Coffee
Warung Tinggi Coffee
Sebagai negara penghasil kopi, budaya ngopi tentunya sangat melekat di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Semakin banyak kedai kopi lokal maupun internasional yang menjamur di kota-kota besar terutama Jakarta, tak lantas membuat kedai kopi yang satu ini berkecil hati.
Inilah kedai kopi yang disebut-sebut tertua saat ini di Jakarta, dan mungkin di Indonesia. Ia bernama Warung Tinggi.  Bisnis kopi oleh kedai itu telah dilakukan turun temurun hingga beberapa generasi sejak 1878. “Awal mulanya bisnis keluarga saya bukan hanya warung kopi, tapi juga warung nasi. Bahkan dulu juga adalah warung kelontong yang menjual barang-barang keperluan rumah tangga," ujar sang pemilik, Rudi Widjaja berkisah.
Warung tersebut didirikan oleh Liauw Tek Soen dan terletak di jalan Moolen Vhiet Oost (Batavia) yang sekarang menjadi Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Tahun 1927, warung dibangun besar-besaran, dan mulai terkenal dengan minuman kopinya. Karena letak daerahnya yang agak tinggi, pelanggan yang kebanyakan petani menyebut warung ini dengan sebutan Warung Tinggi.
Setelah selama ini hanya menjual satu jenis kopi, Warung Tinggi mulai berkembang dan di tahun 1938 mulai menambah jenis kopi lainnya yang diracik sendiri oleh Liauw Thian Djie, generasi ketiga pemiliki warung ini. Kopi pertama yang diracik adalah kopi luwak kemudian bertambah jenis racikan yaitu Torabica (sekarang dikenal dengan Rajabika), Arabica Spesial, Arabica Super dan Robusta. Di tahun 1978, warung tinggi dikelola oleh generasi keempat bernama Liauw Hiong Yan atau Rudy Widjaja. "Ketika melanjutkan bisnis ini, saya menambah beberapa jenis racikan yakni Kopi Jantan dan Kopi Betina," ujar Rudy.
Kopi Jantan, kata Rudy, lebih disukai oleh para pria karena rasa yang sangat keras dan efeknya yang meningkatkan vitalitas. Sedangkan Kopi Betina lebih banyak disukai anak muda. Sejak 1998 hingga saat ini, Warung Tinggi dikelola oleh generasi kelima, yaitu Angelica Widjaja. Di tangannya, warung ini kian dikenal, dan mampu menembus pasar seperti supermarket, hotel dan perkantoran. Warung Tinggi juga menambah jalur usahanya dengan ekspor ke Jepang dan Amerika Serikat.
Saat ini, Warung Tinggi tidak membuka kedai kopi besar karena kebanyakan pembelinya membeli kopi-kopi racikan warung ini dalam jumlah besar. Dari seluruh Indonesia, sebanyak 200 jenis kopi yang dipilih dan diracik untuk menghasilkan beberapa jenis racikan kopi khas Warung Tinggi. Saat ini terdapat delapan jenis racikan yang tercipta setelah dilakukan penyesuaian cita rasa dan keasamannya. 
Lihat videonya di tautan ini.
Warung Tinggi Coffee
Jl. Sekolah Tangki No. 26
Hayam Wuruk, Jakarta Barat 11170
Telp. (021) 6256843/6256875
Buka: Setiap hari pukul 09.00 WIB - 15.00 WIB
5. Roti Tan Ek Tjoan
Tan Ek Tjoan
Walaupun bukan makanan pokok Indonesia, roti memang memiliki penggemarnya tersendiri. Di Jakarta,  ada satu toko roti yang telah berumur puluhan tahun. Tan Ek Tjoan namanya. Toko roti yang diambil dari nama pendirinya ini telah berdiri sejak 1921.
Ketika berkesempatan menyambangi pabrik tersebut, VIVAlife langsung mencium aroma roti yang harum saat akan memasuki pabrik. Terdiri dari beberapa ruangan, pabrik itu berisi meja-meja alumunium berukuran panjang dan mesin-mesin pengulen serta mesin rolling. "Untuk roti tawar, adonan harus diaduk selama kurang lebih 20 menit, sedangkan untuk roti manis kurang lebih selama 30 menit," ucap Deden Herman, Kepala Produksi pabrik roti tersebut.
Walaupun pertama kali didirikan di Bogor, Jawa Barat, pabrik dan toko roti ini menetap di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.  Sejak dahulu sampai sekarang, para pedagang keliling tetap menjajakan roti-roti Tan Ek Tjoan dengan gerobak. Setiap paginya, para pedagang ini berangkat dari pabrik ke sekujur Jakarta untuk memasarkan roti. Kini, Tan Ek Tjoan masih mempertahankan kualitas rotinya yang tebal, padat dan tak terlalu lembut. Roti itu juga tak kenal bahan pengawet, agar tetap segar dan bercita rasa alami.
Tokonya sendiri berdiri di bagian depan pabriknya. Dari pagi hari, roti-roti yang baru matang sudah berderet di bufet. Roti-roti  itu memiliki varian rasa seperti nougat, gambang, cokelat poles, nanas, mocca, pisang dan sebagainya.  Yang paling digemari roti bimbam, semacam roti sobek manis tanpa isi. Roti lain yang digemari yakni roti yang adonannya ditambahkan gula jawa dan kayu manis. Anda bisa menikmati roti itu di kedai Tan, atau dibawa pulang.
Saat ini, roti Tak Ek Tjoan masih ditunggu banyak pelanggan setia. "Saya langganan sejak kecil karena eyang saya juga langganan dari dahulu," ucap Lily, salah seorang pelanggan Tan Ek Tjoan kepada VIVAlife.
Toko Roti Tan Ek Tjoan
Jl. Cikini Raya No. 61
Menteng, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3142570
Range Harga: Rp5.000-Rp10.000
(np)

Sunday, May 19, 2013

Car Free Day Boyolali 19 Mei 2013

Hari ini, minggu 19 Mei 2013 terasa lebih segar di awal pagi yang cerah, berbeda dari kemarin sedari subuh sudah dirundung mendung. Bakda subuh sudah pemanasan dan siap siap berangkat ke CFD, ambil Pentax *st D-L plus  Lensa 100-300mm, setting manual untuk mendapatkan objek Car Free day.
Berjalan dari kompleks ngebong sudah dapat objek macam ni:
jalan lagi kedepan mitra swalayan ada pertunjukan musik- gatotkaca manggung.


Depan Radio CJDW FM ada pertunjukan lagi dari Topeng Ireng Saleho


Lanjut lagi ke sekitaran tugu jam , ada aksi Jauhi Dirimu dari si manis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali


Ke depan BNI 46 ada BOYONYANYI
ada lagi nemu Tifosi Mianisti dan Pasoepati, @mtaufiqg

sampai jumpa di CFD selanjutnya.

ANDA, kata berpengaruh dalam iklan


Periklanan merupakan kunci penting dalam promosi bisnis. Dunia periklanan ini sendiri terus mengalami perubahan, tetapi beberapa kata tetaplah yang paling berpengaruh dan 'kuat' sampai saat ini. Berikut ini adalah 10 kata yang mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda dalam melakukan promosi melalui iklan.
Pasti Anda memperkirakan bahwa kata seperti "GRATIS" dan "SEKS" adalah yang paling baik, tetapi kedua kata itu tidak ada dalam daftar ini. Hal ini akan dibahas di akhir.

10. Baru (New)
Setiap orang pasti mengiginkan produk-produk terbaru seperti mobil baru, baju baru, sepatu baru, rasa baru, dan orang-orang pasti siap untuk membayar hal yang baru tersebut. Walaupun pada kenyataannya produk tersebut tidaklah sangat baru melainkan hanya ada sedikit perubahan.
Contoh nyata dapat kita lihat di promosi paket telepon, mereka menyebutkan paket telepon terbaru padahal hanya ada sedikit perubahan dari paket telepon yang lama atau hanya diputar-putar saja.

9. Menghemat (Save)
Angkat tangan Anda jika Anda tidak ingin menghemat waktu atau uang Anda. Menghemat  uang adalah sesuatu yang akan dilakukan 99% dari kita. Bahkan orang paling kaya menginginkan potongan, hanya saja mereka mendapatkannya pada harga yang lebih mahal. Tetapi jangan sampai berlebihan menggunakan kata ini, atau Anda akan dicap 'tidak terpercaya'.

8. Aman (Safe)
Setiap orang yang membeli suatu produk pasti menginginkan produk tersebut aman, contohnya mereka pasti ingin mengetahui apakah investasi mereka aman, mainan anak mereka aman, makanan yang dimakan kita aman.
Tapi terkadang mengatakan kata "aman" dapat berkesan negatif, karena adanya isu kebodohan. contohnya adalah "burger kami 100% aman untuk dimakan." Apa alasannya mereka tidak aman? Masalahnya apa? Apa yang dikatakan iklan ini?
HATI-HATILAH dalam penggunaan kata ini.

proven results7. Terbukti (Proven)
Pada saat Anda mempunyai produk yang benar-benar baru, ada batasan yang harus Anda lewati, yaitu "kewaspadaan customer". Karena customer akan menghadapi sesuatu yang benar-benar baru, tidak dikenal.
Salah satu cara untuk melewati batasan ini adalah dengan memberikan bukti. Sebagai contoh, brand shampoo untuk kecantikan rambut menggunakan "8 dari 10 wanita telah membuktikannya dan berhasil." Orang-orang akan berpikir, bahwa produk ini pasti sangatlah baik karena telah terbukti bagus dan akan membelinya.

6. Suka (Love)
Kata ini mempunyai beberapa arti. Anda dapat "suka" dengan sesuatu (seperti sepatu baru) atau Anda dapat "menyukai" bagaimana sesuatu dapat dilakukan.
Sebagai contoh "Saya menyukai bagaimana putihnya baju saya." Tetapi Anda harus bijak dengan penggunaannya. Jika Anda mengatakan "Anda akan menyukai harumnya" untuk parfum, itu benar. Tapi jika Anda mengatakan "Anda akan langsung menyukai pembersih toilet kami." itu tidaklah tepat.

5. Temukan (Discover)
pihak pemasang iklan sering berkata, "Anda akan mendapatkan sesuatu dari ini, patut untuk dibaca." atau pada saat terkait dengan pembungkus produk, "patut untuk dicoba." Menemukan sesuatu adalah sebuah janji untuk sesuatu yang akan diketahui. Seperti membuka kotak hadiah, Anda penasaran dengan isinya.

4. Jamin (Guarantee)
money back guaranteeKata ini digunakan untuk menghilangkan ketidakpercayaan customer. Contoh nyata dapat kita lihat di kehidupan nyata kita, "Saya jamin dia pasti datang."
Dalam iklan, jaminan adalah sebuah janji yang dibuat oleh perusahaan ke customer. Gunakan kata ini, hanya jika Anda dapat mendukung jaminan Anda tersebut, jika tidak maka kredibilitas Anda akan menurun.
Contoh kata yang paling berpengaruh dari kata ini adalah "jaminan uang kembali." Jika Anda takut bangkrut karena kata ini, tidak perlu takut karena hanya sebagian kecil orang yang sangat membenci produk tersebut barulah meminta uang kembali dan hal ini memakan waktu.

3. Kesehatan (Health)
Sangatlah berpengaruh pada saat diaplikasikan ke produk yang sering digunakan sehari-hari, tidak terbatas hanya pada kesehatan fisik. Mungki yang paling banyak digunakan adalah "tingkatkan kesehatan finansial Anda." Ini bekerja karena kita semua tahu seperti apa sehat yang sebenarnya.

2. Hasil (Result)
Hasil merupakan kata yang juga dapat memberikan arti berhasil atau sukses. Contohnyaada di gambar pada poin nomor 7 (terbukti), contoh lain adalah "Jika ini memberikan hasil, ini pasti layak digunakan." Pada saat Anda menggunakan kata ini, Anda telah meningkatkan resiko Anda. Jika mereka berhasil menghasilkan hasil yang Anda janjikan, Anda boleh puas. Tapi jika tidak, jangan mengharapkan mereka akan mencobanya lagi.

1. Anda/Kamu (You)
Masih di nomor satu, dengan alasan yang sepadan, Anda/Kamu adalah kata paling berpengaruh dalam iklan karena sebuah alasan, yaitu ini merupakan kata yang pribadi atau personal. 
Jika Anda membicarakan diri Anda sendiri, Anda akan siap untuk mendengarkannya. Jika orang lain berjanji untuk membuat seseorang kaya, Anda mungkin tertarik. TAPI jika ANDA yang dijanjikan kaya, itu merupakan cerita yang jauh berbeda.
ini adalah salah satu kata yang harus ANDA pertimbangkan.

Mereka tetap dipertimbangkan sebagai kata yang paling kuat, tetapi pada saat mereka digunakan di iklan, mereka telah digunakan terlalu berlebihan sehingga mereka tidak lagi terlalu berpengaruh.
Kapan terakhir kali Anda melihat "GRATIS" dan itu benar-benar gratis? biasanya pasti diikuti oleh tanda bintang "syarat dan ketentuan berlaku"
Sedangkan untuk "SEKS", ini akan menarik seseorang untuk membaca artikel, atau menonton film, tapi untuk iklan, lebih baik menggunakan daya tarik, gambar seksual daripada hanya kata

sumber: tahupedia.com

Pertolongan Pertama Sederhana


Pertolongan pertama paling sederhana biasanya merujuk ke proses awal dalam menilai dan mengetahui kebutuhan seseorang yang sedang terluka karena tersedak, terkena serangan jantung,
alergi, obat-obatan dan sejenisnya. Artikel berikut ini akan mengajari Anda bagaimana mengetahui kondisi fisik seseorang dan melakukan pertolongan yang dibutuhkan.
10 TAHAPAN DALAM PERTOLONGAN PERTAMA SEDERHANA
Ingatlah bahwa Anda harus selalu mencari bantuan medis secepat mungkin, tetapi melakukan pertolongan pertama yang benar dapat menghasilkan sebuah perbedaan dalam hidup dan mati. Tahap-tahap di bawah ini cocok digunakan untuk situasi dimana korban tidak dapat merespon Anda, tetapi jika Anda sedang dalam situasi dimana Anda mengetahui apa yang Anda hadapi, cari artikel spesifik terkait atas apa yang Anda hadapi.
1. EVALUASI SITUASI DAN TETAP TENANG
Apakah ada hal yang dapat membahayakan Anda? Seperti misalnya ancaman api, gas beracun, bangunan yang tidak stabil, sengatan listrik atau skenario berbahaya lainnya? Yang paling penting adalah Anda harus tetap tenang dan mengetahui keadaan yang Anda hadapi, jangan sampai Anda menjadi korban berikutnya.
2. KETAHUI ABC
pengobatan abc
Tetap ingat dengan peraturan pertolongan pertama yang dikenal dengan A,B,C.
  • Airway (Jalur Pernapasan/Udara) - Apakah orang terkait terhalang jalur pernapasannya?
  • Breathing (Pernapasan) - Bagaimana pernapasan orang terkait? Apakah ia bernapas?
  • Circulation (Sirkulasi) - Apakah orang terkait menunjukkan adanya denyut nadi di titik-titik nadi seperti pergelangan tangan, pangkal paha, pembuluh nadi kepala (dekat leher).
3. HINDARI MENGGERAKKAN KORBAN
Hindari menggerakkan korban kecuali jika korban memang berada dalam tempat yang membahayakan. Hal ini disebabkan karena menggerakkan korban dapat membuat luka lebih parah dan bahkan luka ke tulang belakang.
4. HUBUNGI LAYANAN MEDIS
Mintau bantuan dari orang lain atau bantuan medis secepat mungkin. Jika Anda adalah satu-satunya orang di tempat kejadian, coba cek pernapasan sebelum Anda meminta bantuan dan jagan tinggalkan korban sendiri dalam waktu yang lama.
5. EVALUASI TINGKAT RESPON
Pada saat orang terkait tidak sadar, coba untuk menilai tingkat kesadaran mereka dengan menggoyangkan mereka secara perlahan atau coba berbicara dengan mereka.
6. JIKA ORANG TERSEBUT TETAP TIDAK MERESPON
pastikan jalur pernapasan terbuka
Jika orang tersebut dapat merespon Anda, lanjutkan tahap berikut. Jika tidak, maka posisikan orang tersebut agar ia telentang dan jalur pernapasannya terbuka.
  • Posisikan kepala agar lurus dengan lehernya
  • Perlahan-lahan posisikan orang tersebut agar telentang, hal ini juga harus dilakukan selagi Anda menahan posisi kepala orang terkait
  • Buka jalur pernapasan dengan membuka mulut orang tersebut, hal ini dapat dilakukan dengan menarik perlahan kepala ke belakang dan mengangkat dagu ke atas
7.  LIHAT, DENGAR DAN RASAKAN TANDA PERNAPASAN
Lihat apakah dada korban ada terlihat naik dan turun, dengarkan apakah ada suara pernapasan dengan meletakkan telinga Anda di dekat mulut dan hidung korban, rasakan pernapasan dengan pipi Anda.
  • Jika korban bernapas, tetapi tidak sadar, posisikan ia agar tidur menyamping dengan menjaga kepala dan leher lurus dengan tubuhnya. Ini akan membantu mencegah lidah atau muntahan menghalangi jalur pernapasan.
  • Jika korban tidak bernapas, lakukan CPR, jika Anda tidak tau caranya, Anda dapat melihat di bawah atau klik link mengenai bagaimana melakukan CPR ini.
8. CEK SIRKULASI KORBAN
cek sirkulasi dan denyut nadi
Lihat warna muka dan denyut nadi korban, tetapi jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara merasakan denyut nadi korban, lebih Anda tidak mencoba melakukan itu dan melakukan tahap berikutnya karena hal itu akan menghabiskan waktu Anda. Jika warna muka korban tidak baik atau tidak memiliki denyut nadi. Lakukan CPR. Untuk cara melakukan CPR, dapat dilihat di bawah atau klik link mengenai bagaimana melakukan CPR ini.
9. OBATI PENDARAHAN, SYOK DAN MASALAH LAIN SESUAI KEBUTUHAN
Sesudah Anda memastikan korban bernapas dan mempunyai denyut nadi, prioritas Anda berikutnya adalah menangani pendarahan. Terkait atas rasa syok atau trauma, Anda harus mencari link artikel terkait penanganan syok atau trauma. Berikut link terkait atas masalah spesifik yang dihadapi korban.
  • Pendarahan - berikan tekanan secara langsung ke sumber pendarahan sebelum melanjutkan cara menangani pendarahan lainnya
  • Trauma atau Syok - Trauma dapat terlihat akan mempunyai warna pucat di muka dan bibir, dengan kondisi mental yang membahayakan
  • Tersedak - tersedak dapat menyebabkan kematian atau luka permanen pada otak
  • Luka Bakar - Berikan air dingin ke luka bakar derajat satu dan dua
  • Benturan Keras - Jika korban mengalami benturan ke kepala
  • Luka Tulang Belakang - Jangan gerakkan kepala korban, leher atau tubuh korban kecuali jika memang sedang dalam bahaya. Hati-hati dalam CPR.
  • Luka Tembak - Luka ini merupakan salah satu luka paling berbahaya dan tidak dapat diprediksi
  • Serangan Jantung - Serangan jantung mungkin merupakan kondisi paling berbahaya bagi si korban
10. JANGAN TINGGALKAN KORBAN SAMPAI BANTUAN TIBA
Cobalah untuk menjaga suasana tenang agar korban tidak panik dan tunggu hingga bantuan untuk korban tiba. Dalam hal ini biasanya adalah bantuan medis.
BAGAIMANA MELAKUKAN CPR
Cardiopulmanory Resucitation adalah sebuah prosedur darurat, yang dilakukan untuk memastikan bahwa tubuh masih berfungsi secara mendasar sampai ada tindakan lanjut yang dilakukan. Hal ini ditujukan untuk memulihkan sirkulasi darah dan pernapasan korban.
Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat di video berikut ini.
Intinya adalah Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa jalur pernapasan atau jalur udara telah terbuka. Kemudian pastikan pernapasan, jika korban masih bernapas dengan baik jangan lakukan CPR, karena CPR dapat membuat jantung berhenti berdetak. Posisikan tangan seperti pada video di atas dan berikan penekanan dengan interval konstan. Cek kembali pernapasan dan ulangi tahap ini.
Beberapa ahli menyarankan untuk tidak memberikan pernapasan buatan, karena penekanan pada bagian dada lebih penting dan terkadang pernapasan buatan dapat membahayakan, seperti racun, penyakit dan sebagainya.
--
Hal yang pasti Anda perlu ketahui adalah jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, lebih baik jangan melakukannya dan berikan orang ahli yang melakukannya. Hal ini untuk menghindari luka yang lebih parah. Yang paling utama adalah hubungi layanan medis, karena layanan medis juga dapat memberikan pengarahan untuk Anda

sumber: tahupedia.com