You and Me Never Walk Alone

Saturday, August 15, 2015

Bahaya Begadang

BULETIN KESEHATAN

Begadang merupakan aktivitas yang sering dilakukan, apalagi oleh mahasiswa dengan alasan menerjakan tugas, malas untuk tidur, nonton film ataupun main game.
Kebiasaan begadang ini biasanya juga akan meningkat disaat mendekati minggu-minggu ujian untuk belajar. ✏
Tapi taukah kamu kalo begadang itu berbahaya bagi kesehatan???

Apa saja sih bahaya begadang?

Mengalami Insomnia
Terlalu sering begadang akan membuat kamu kurang tidur, hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami insomnia hingga sangat susah tidur karena kebiasaan begadang tersebut.
 
Mempercepat Kegemukan hingga Obesitas
Orang yang suka begadang pasti akan terbawa nafsu nya untuk selalu ingin ngemil dan makan hingga berlebihan. Menurut penilitian ini pengaruh dari hormon.
 
Mudah stress
Peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental.
 
Menimbulkan gejala stroke
Dalam sebuah hasil penelitian bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam akan lebih terkena resiko stroke empat kali lipat daripada orang yang tidur tujuh hingga delapan jam. Resiko tersebut berlaku untuk seseorang yang memiliki indeks masa tubuh normal.
 
Bisa menyebabkan diabetes
Ternyata orang yang tidak tidur tubuhnya bisa mengalami resistensi insulin yakni kondisi dimana insulin sudah tidak mampu mengatasi kadar gula darah.
 
Dapat memicu penyakit hipertensi
Hipertensi yaitu kondisi ketka seseorang mengalami peningkatan tekanan darah secara kronis. Hipertensi juga merupakan pemicu gejala stroke dan tak lain penyebab salah satunya adalah karena kurangnya tidur.
 
Pola makan tidak teratur
Jika kurang tidur maka pembagian waktu akan kurang efektif sehingga tidak bisa membagi waktu makan.
 
Resiko serangan jantung
Kurang tidur mengakibatkan tubuh memproduksi senyawa kimia ataupun hormon yang kemudian dapat memicu penyakit jantung. Jadi sering begadang bisa saja memicu terkena resiko serangan jantung.
 
Sulit berkonsentrasi
Dari hasil penelitian membuktikan orang yang tidurnya tidak teratur akan mudah pelupa hingga tak bisa fokus dengan yang dihadapi termasuk pekerjaan.
 
Memengaruhi Kesehatan Kulit
Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata. 
 
Mempercepat Kematian
Studi pada tahun 2010 telah menyimpulkan apabila seseorang yang kurang tidur tidak lebih dari enam jam sehari bisa menyebabkan meninggal lebih cepat dalam periode 14 tahun.
 

Nah, udah tau kan bahaya-bahaya begadang bagi kesehatan. Masih mau begadang?
Jadi sebenarnya waktu tidur yang efektif itu berapa jam sih? ⏰
 
Rekomendasi durasi tidur berdasar usia
Balita usia 3-5 tahun : 10-13 jam.
Anak-anak usia 6-13 tahun : durasi tidur menjadi 9-11 jam.
Remaja usia 14-17 tahun : 8-10 jam per hari.
Orang menuju dewasa (18-25 tahun) : Durasi tidurnya yakni 7-9 jam per harinya.
Orang dewasa (26-64 tahun)  : durasi tidur tetap, yakni 7-9 jam.
Orang lanjut usia (65 tahun ke atas) : 7-8 jam per hari.
 
Perlu kalian tahu tak hanya manusia yang mempunyai jam kerja, organ tubuh kita juga punya jam bekerjanya hlo,

Jam bekerja organ tubuh manusia :

✅Pukul 07.00-09.00
Lambung sedang bekerja secara optimal. Jangan lewatkan makan pagi untuk proses pembentukan energi sepanjang hari. Bagi yang tidak ada masalah lambung, sebaiknya minum jus sebelum sarapan saat perut kosong sehingga zat yang berguna mudah terserap tubuh.

✅Pukul 09.00-11.00
Limpa sedang bekerja secara maksimal menyalurkan cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini Anda mengantuk, berarti fungsi limpa lemah. Solusinya adalah kurangi konsumsi gula, lemak, minyak, dan protein hewani.

✅Pukul 11.00- 13.00
Jantung bekerja secara maksimal. Sebaiknya beristirahat, hindari panas, olah fisik, dan timbulnya emosi, terutama bagi penderita gangguan pembuluh darah.

✅Pukul 13.00-15.00
Hati sedang bekerja secara minimal. Saat ini darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasi sel-sel hati. Bila fungsi hati kuat, maka tubuh kuat untuk menangkal penyakit.

✅Pukul 15.00-17.00
Paru-paru sedang bekerja minimal. Tubuh perlu istirahat untuk proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru.

✅Pukul 17.00-19.00
Ginjal sedang bekerja secara maksimal. Sebaiknya jam-jam ini digunakan untuk belajar karena sedang terjadi proses pertumbuhan otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang.

✅Pukul 19.00-21.00
Lambung sedang bekerja secara minimal. Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna atau sebaiknya hentikan aktivitas makan.

✅Pukul 21.00-23.00
Limpa sedang bekerja secara minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat atau mendengarkan musik yang menenangkan jiwa untuk meningkatkan imunitas tubuh.

✅Pukul 23.00-01.00
Jantung sedang bekerja secara minimal. Pada saat ini sebaiknya sudah beristirahat tidur. Jika terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung.

✅Pukul 01.00-03.00
Hati sedang bekerja secara maksimal jika dalam kondisi tertidur pulas, karena terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Jika bagian hati terasa nyeri atau sakit, kemungkinan ada luka dan kerusakan.

✅Pukul 03.00-05.00
Paru-paru sedang bekerja secara maksimal karena terjadi proses pembuangan racun. Bila terjadi batuk, bersin-bersin dan berkeringat menandakan adanya gangguan fungsi paru-paru. Sebaiknya lakukan olah napas agar energi paru-paru lebih sehat dan kuat.

✅Pukul 05.00-07.00
Usus besar sedang bekerja secara maksimal. Biasakan buang air besar secara teratur. Pada  jam ini organ ginjal sedang bekerja secara minimal, untuk bekerja kita tentu butuh energi dari makanan.

Semoga bermanfaat ☺

0 komentar:

Post a Comment