You and Me Never Walk Alone

Friday, October 5, 2012

BlackBerry alami gangguan, apakah Android semakin berkuasa?


Jaringan Blackberry di Indonesia sudah mengalami gangguan untuk kedua kalinya. Hal ini bisa saja menjadikan posisi Android semakin kuat mengancam BlackBerry yang saat ini banyak digunakan oleh penduduk Indonesia. Menurut data International Data Corporation (IDC) Indonesia melaporkan bahwa pangsa Android sudah merebut pasar BlackBerry selama semester pertama tahun ini.
Menurut IDC, pangsa pasar Android saat ini sudah menjadi 52 persen di Indonesia. Pasalnya, sudah banyak telepon genggam cerdas yang menggunakan sistem operasi ini. Antara lain adalah Samsung, HTC dan Sony.
Darwin Lie, analis pasar dari IDC Indonesia mengatakan bahwa peningkatan pengiriman ponsel Android di Indonesia tidak hanya dipicu oleh harga yang terjangkau, namun juga kelebihan sistem operasi (operating system/OS) Android yang mempunyai jangkauan lebih luas dan populernya ponsel dengan layar sentuh atau touchscreen.
"Ditambah juga penundaan peluncuran BlackBerry 10 yang menyebabkan pembeli harus menunggu hingga tahun 2013 untuk model yang baru. Ini juga berkontribusi untuk peralihan OS yang digunakan," jelas dia dalam siaran persnya kepada merdeka.com, Kamis (13/9) lalu.
Jika dilihat dari pengiriman ponsel secara keseluruhan, IDC pada kuartal ke dua di pasar Asia Pasifik melonjak 10 persen dari kuartal pertama dan naik 25 persen bila dibandingkan tahun lalu.
Saat ini, terdapat 3,5 juta pengguna BlackBerry di Indonesia. Indonesia merupakan pasar terbesar BlackBerry di Asia Tenggara.

0 komentar:

Post a Comment