You and Me Never Walk Alone

Friday, August 9, 2013

Resep Sehat dan Panjang Umur

Menjadi sehat dan panjang umur tentu menjadi harapan hampir setiap orang. Hal tersebut antara lain bisa dicapai dengan menjalankan gaya hidup sehat dan minim stres. Kita bisa mencontoh orang-orang Hawaii. 

Orang-orang Hawaii tak hanya dikenal panjang umur, mereka juga memiliki kadar stres yang lebih sedikit dan lebih bahagia daripada orang-orang yang hidup di belahan dunia lainnya. Menurut data terakhir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), orang Hawaii rata-rata hidup hingga 81,2 tahun. Sementara negara bagian AS lainnya, seperti Mississippi, hanya 75,6 tahun.

Jadi, apa rahasia panjang umur dan bahagia orang Hawaii? Berikut hal-hal yang dimiliki oleh orang Hawaii yang bisa kita contoh.

- Banyak tertawa dan bercerita
Hanya sepertiga penduduk Hawaii yang mengaku stres pada hari-hari tertentu membuat Hawaii menjadi negara bagian yang paling sedikit tingkat stresnya. Kunci mereka untuk tidak stres berasal dari kemampuan mereka untuk menikmati waktu bersama teman dan keluarga. Sesibuk apa pun, mereka tetap berusaha untuk meluangkan waktu untuk tertawa dan bercerita.

- Matahari dan udara segar
Hawaii memiliki pantai dan siraman matahari yang cukup intens. Sinar matahari diketahui bermanfaat bagi kesehatan karena merupakan sumber vitamin D alami. Orang-orang Hawaii juga terbiasa menghabiskan waktu mereka di luar ruangan sehingga lebih sering terkena paparan matahari.

- Makanan segar dan olahraga
Orang Hawaii cenderung makan lebih baik dan rajin berolahraga. Makanan orang Hawaii didominasi oleh ikan segar, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang membantu melindungi diri dari penyakit. Makanan mereka juga cenderung lebih rendah kandungan garam. Dan, lebih dari 60 persen orang Hawaii berolahraga secara teratur.

- Berpikir positif dan optimistis 
Menurut data dari Gallup, orang Hawaii lebih optimistis dan bersemangat. Sebuah studi membuktikan, orang yang memiliki hidup yang positif cenderung untuk lebih sehat dan panjang umur. Para peneliti asal Harvard juga menemukan bahwa kebahagiaan memperbaiki fungsi sistem imun dan menurunkan risiko penyakit jantung.

- Pelayanan kesehatan yang baik
Hawaii merupakan salah satu negara bagian dengan pelayanan kesehatan yang baik. Orang yang bekerja lebih dari 20 jam per minggu disediakan pelayanan kesehatan yang memadai sehingga menjadikan tubuh mereka relatif lebih sehat.

- Ikatan sosial yang kuat
Meski memiliki kewajiban dalam pekerjaan dan keuangan, orang Hawaii dikenal sangat baik mengatur waktu untuk dinikmati bersama keluarga dan teman sehingga mereka tak pernah merasa kesepian. Inilah yang membuat mereka memiliki kadar stres yang lebih rendah, kebahagiaan, dan panjang umur.

Sumber :The huffingtonpost.com


0 komentar:

Post a Comment