You and Me Never Walk Alone

Tuesday, October 8, 2013

Download Profil Kota Semarang dan Samarinda

SEMARANG
Nama Resmi:Kota Semarang
Ibukota:Semarang
Provinsi :JAWA TENGAH
Batas Wilayah:Utara : Laut Jawa
Timur : Kabupaten Demak
Selatan : Kabupaten Semarang
Barat : Kabupaten Kendal
 
Luas Wilayah:373,78 Km²
Jumlah Penduduk:1.690.192 Jiwa 
Wilayah Administrasi:Kecamatan: 16, Kelurahan: 177, Desa: -
Website:http://www.batangkab.go.id
SEJARAH
sebagai kota raya dan lbu kota Jawa Tengah, memiliki sejarah yang panjang. Mulanya dari dataran lumpur,yang kemudian hari berkembang pesat menjadi lingkungan maju dan menampakkan diri sebagai kota yang penting. Sebagai kota besar, ia menyerap banyak pendatang. Mereka ini, kemudian mencari penghidupan dan menetap di Kota Semarang sampai akhir hayatnya. Lalu susul menyusul kehidupan generasi berikutnya. Di masa dulu, ada seorang dari kesultanan Demak bernama pangeran Made Pandan bersama putranya Raden Pandan Arang, meninggalkan Demak menuju ke daerah Barat Disuatu tempat yang kemudian bernama Pulau Tirang, membuka hutan dan mendirikan pesantren dan menyiarkan agama Islam. Dari waktu ke waktu daerah itu semakin subur, dari sela-sela kesuburan itu muncullah pohon asam yang arang (bahasa Jawa: Asem Arang), sehingga memberikan gelar atau nama daerah itu menjadi Semarang. 

Sebagai pendiri desa, kemudian menjadi kepala daerah setempat, dengan gelar Kyai Ageng Pandan Arang I. Sepeninggalnya, pimpinan daerah dipegang oleh putranya yang bergelar Pandan Arang II. Di bawah pimpinan Pandan Arang, daerah Semarang semakin menunjukkan pertumbuhannya yang meningkat, sehingga menarik perhatian Sultan Hadiwijaya dan Pajang. Karena persyaratan peningkatan daerah dapat dipenuhi, maka diputuskan untuk menjadikan Semarang setingkat dengan Kabupaten. Akhirnya Pandan Arang oleh Sultan Pajang melalui konsultasi dengan Sunan Kalijaga, juga bertepatan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, tanggal 12 rabiul awal tahun 954 H atau bertepatan dengan tanggal 2 Mei 1547 masehi dinobatkan menjadi Bupati yang pertama. Pada tanggal itu "secara adat dan politis berdirilah kota Semarang 

Arti Logo

Lambang Kota Semarang berbentuk Perisai dua bagian, Tugu Muda, Bintang  sudut 5, Bambu Runcing dan Bukit Candi. 
Isi lambang berjiwakan 3 prinsip :
 1. Kekhususan/ ke  Semarangan
 2. Tradisi revolusioner Kota Semarang 
 3. Kepribadian Nasional
  • Tugu Muda
Mencerminkan sikap patriotisme
Warga Kota Semarang saat melawan
bala tentara Jepang  dalam " Pertempuran Lima Hari "
  • Bukit/ Candi. 
Melambangkan bahwa selain dataran  rendah , Semarang juga memiliki dataran tinggi ( kota atas )
  • Air dan Dinding Benteng
Melambangkan  pelabuhan Semarang
  • Perisai.
Melambangkan  Pertahanan dan Kekuatan  kepribadian  rakyat kota Semarang
  • Padi dan Kapas 
Melambangkan  Semarang murah sandang  dan pangan  terutama di masa depan
  • Ikan 
Melambangkan Semarang sejak dahulu terkenal dengan ikannya

Nilai Budaya

Dalam kurun waktu sejarah  telah tercatat bahwa Semarang telah mampu berkembang sebagai transformasi budaya, baik yang bersifat religi, tradisi, teknologi maupun aspirasi yang  semuanya itu merupakan daya penggerak yang sangat besar nilainya  dalam memberi corak serta memperkaya kebudayaaan, kepribadian dan kebanggaan daerah.Nilai-nilai agama yang universal dan abadi sifatnya merupakan salah satu aspek bagi kehidupan dan kebudayaan bangsa. Kerukunan agama di Kota Semarang cukup mantap, maka tempat ibadahpun terus berjalan dengan baik. Mayoritas pemeluk agam di kota semarang beragama Islam selain juga ada Khatolik, Protestan, Budha Hindu dan sebagian lainnya. Dalam usaha meningkatkan kualitas penduduk, maka salah satu cara yang penting adalah dengan meningkatkan pendidikan bagi seluruh masyarakat. Pemerintah Kota Semarang berupaya memperluas dan meningkatkan kesempatan belajar melalui penyediaan sarana dan prasaran pendidikan, serta meningkatkan mutu pendidikan baik formal maupun non formal. Masalah Kesehatan Pemerintah Kota Semarang juga mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara lebih merata,  Kota Semarang mempunyai 9 rumah sakit umum, puskesmas 53 , Posyandu yang menyebar di seluruh wilayah, Dokter Praktek, Bidan praktek dan masih banyak sarana dan prasarana lainnya, sehingga setiap orang dapat memperoleh pelayanan kesehatan dengan mudah.

---------------------------------------------------------------------------------------------
<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><>
---------------------------------------------------------------------------------------------
SAMARINDA

Nama Resmi:Kota Samarinda
Ibukota:Samarinda
Provinsi :Kalimantan Timur
Batas Wilayah:
Utara: Kabupaten Kutai Kertanegara
Selatan: Kabupaten Kutai Kertanegara
Barat: Kabupaten Kutai Kertanegara
Timur: Kabupaten Kutai Kertanegara
Luas Wilayah:783,00 Km2

Jumlah Penduduk:812.182 Jiwa
Wilayah Administrasi:Kecamatan: 10, Kelurahan: 53
Websitehttp://www.samarindakota.go.id

(Permendagri No.66 Tahun 2011)
Sejarah Kota Samarinda

Pada saat pecah perang Gowa, pasukan Belanda di bawah Laksamana Speelman memimpin angkatan laut menyerang Makasar dari laut, sedangkan Arupalaka yang membantu Belanda menyerang dari daratan. Akhirnya Kerajaan Gowa dapat dikalahkan dan Sultan Hasanudin terpaksa menandatangani perjanjian yang dikenal dengan " PERJANJIAN BONGAJA" pada tanggal 18 Nopember 1667.
Sebagian orang-orang Bugis Wajo dari kerajaan Gowa yang tidak mau tunduk dan patuh terhadap isi perjanjian Bongaja tersebut,mereka tetap meneruskan perjuangan dan perlawanan secara gerilya melawan Belanda dan ada pula yang hijrah ke pulau-pulau lainnya diantaranya ada yang hijrah ke daerah kerajaan Kutai, yaitu rombongan yang dipimpin oleh Lamohang Daeng Mangkona (bergelar Pua Ado yang pertama). Kedatangan orang-orang Bugis Wajo dari Kerajan Gowa itu diterima dengan baik oleh Sultan Kutai.
Atas kesepakatan dan perjanjian, oleh Raja Kutai rombongan tersebut diberikan lokasi sekitar kampung melantai, suatu daerah dataran rendah yang baik untuk usaha Pertanian, Perikanan dan Perdagangan. Sesuai dengan perjanjian bahwa orang-orang Bugis Wajo harus membantu segala kepentingan Raja Kutai, terutama didalam menghadapi musuh.
Semua rombongan tersebut memilih daerah sekitar muara Karang Mumus (daerah Selili seberang) tetapi daerah ini menimbulkan kesulitan didalam pelayaran karena daerah yang berarus putar (berulak) dengan banyak kotoran sungai. Selain itu dengan latar belakang gunung-gunung (Gunung Selili).
Dengan rumah rakit yang berada di atas air, harus sama tinggi antara rumah satu dengan yang lainnya, melambangkan tidak ada perbedaan derajat apakah bangsawan atau tidak, semua "sama" derajatnya dengan lokasi yang berada di sekitar muara sungai yang berulak, dan di kiri kanan sungai daratan atau "rendah". Diperkirakan dari istilah inilah lokasi pemukiman baru tersebut dinamakan SAMARENDA atau lama-kelamaan ejaan "SAMARINDA".
Orang-orang Bugis Wajo ini bermukim di Samarinda pada permulaan tahun 1668 atau tepatnya pada bulan Januari 1668 yang dijadikan patokan untuk menetapkan hari jadi kota Samarinda. Telah ditetapkan pada peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Samarinda Nomor: 1 tahun 1988 tanggal 21 Januari 1988, pasal 1 berbunyi "Hari Jadi Kota Samarinda ditetapkan pada tanggal 21 Januari 1668 M, bertepatan dengan tanggal 5 Sya'ban 1078 H" penetapan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari jadi kota Samarinda ke 320 pada tanggal 21 Januari 1980

Arti Logo

Perisai
Menggambarkan masyarakat Samarinda mampu mempertahankan diri dari segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan dari dalam maupun dari luar. 
Warna Dasar Hijau Tua
Lambang kesuburan dan kemakmuran kota Samarinda. 
Tulisan Kota Samarinda Berwarna Hitam
Cermin Kewibawaan dan Keadilan sesuai dengan harapan masyarakat. 
Dua Ekor Pesut
Koordinasi dan kerjasama yang dinamis antara eksekutif dan legislatif dalam melaksanakan pembangunan. 
Bintang Bersudut Lima
Keagungan, kebesaran, religius dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
Jaring Samarinda
Watak dan keperibadian masyarakat Samarinda yang berani dalam membela kebenaran, keadilan, keuletan dan kegigihan. 
Butir Padi Sebanyak Dua Puluh Satu
Kemakmuran pangan dan tanggal Hari Jadi Kota Samarinda 21 Januari 1968. 
Tujuh Buah Kapas Yang Mekar Putih
Melambangkan tujuh fungsi dan peranan. 
Perahu Dengan Warna Kuning
Generasi mendatang menuju masyarakat adil dan makmur. 
Jembatan Mahakam
Mempererat Kesatuan dan Persatuan Bangsa. 
Tiga Buah Arus Sungai Mahakam
Suasana Kota Samarinda tentram, tertib dan aman. 
Papan Bertulis "TEPIAN"
Pusat Industri Kayu dengan semboyan Kota yang Teduh, Rapi, Aman dan Nyaman.


Nilai Budaya

Desa Budaya Pampang

 
 
Kawasan ini adalah Suku dayak dan Taman Budaya yang memperlihatkan kebudayaan dan kesenian Suku Dayak Asli seperti atraksi keseniaan, kerajinan dan lain-lain. Desa Pampang berdiri sekitar tahun 1973, dari perpindahan penduduk Desa Long Liis, Apokayan, Kabupaten Bulungan yaitu Jawi Ngau, Petingai, Taman Bulan, Taman Juli, Taman Ana, Palejo, Bit Imang.
 
Masing-masing membawa lima orang anggota, sehingga keseluruhan berjumlah 35 orang dari daerah asalnya mereka berjalan kaki menyusuri daerah Mahakam, kemudian singgah pada suatu daerah untuk bertani dan berpindah lagi hingga mencapai Desa pampang yang selanjutnya mereka anggap cocok untuk tempat bertani.

Download Profil Kota Semarang, disini (4shared) / disini (google docs)
Download Profil Kota Samarinda, disini (4shared) / disini (google docs)

0 komentar:

Post a Comment