You and Me Never Walk Alone

Tuesday, February 5, 2013

Cara membuat kul-tweet di Chirpstory


Bagia anda yang sering kul-tweet di Twitter, kini anda bisa lebih bisa memaksimalkan Twitter sebagai sarana membagi ilmu dan opini yang bisa menjadi pertimbangan banyak pihak, terutama follower anda sendiri. Kini anda dapat mendokumentasikan tweet yang anda lakukan dalam kul-tweet dalam sebuah bentuk yang lebih enak dipandang dan tertata lebih baik. Tool untuk membuat cerita ini disebut ChirpStory.

Sebenarnya tool ini sudah lama ada. Namun baru beberapa waktu terakhir menjadi terkenal, terutama karena banyaknya kul-tweet yang dilakukan pesohor tweet landsemacam TrioMacan2000. Sudah sangat banyak sebenarnya kul-tweet yang sudah didokumentasikan dan membentuk sebuah cerita yang tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan yang ditulis via blog. Satu hal yang menarik tentunya, karena keterbatasan 140 karakter, ternyata melahirkan inovasi tool chirpstory yang bisa merangkai tweet demi tweet yang dilakukan oleh pengguna Twitter.

Bagusnya lagi, cerita yang dibuat tersebut tidak dibatasi pembuatnya. Orang yang  menjadi follower akun yang melakukan tweet dapat merangkai tweet dalam satu kesatuan dengan menggunakan ChirpStory. Biasanya, yang terjadi adalah follower atau orang yang mengikuti kul-tweet tertentu yang merangkai tweet tersebut. Sepanjang yang saya alami, hampir tidak ada yang melakukan tweet, juga merangkai tweet di ChirpStory.

Tentu saja sebagai tool third party di Twitter, tool ini tidaklah sempurnya. Pada bagian-bagian tertentu ada kata yang terpotong tidak pada tempatnya. Namun secara keseluruhan, tool ini sangat berguna untuk merangkum tweet yang anda pikir cukup penting untuk didokumentasikan. Jadi semacam blog  yang dapat dilihat oleh pengguna Twitter manapun.
Tentu anda bertanya, bagaimana cara merangkai tweet di ChirpStory?

Langkah pertama adalah anda mengunjungi situs ChirpStory di link http://chirpstory.com/ seperti terlihat berikut ini.
1346303392469709313
Karena tool ini third party Twitter anda tidak perlu membuat akun. Anda bisa login dengan akun Twitter anda dan tentunya password. Seperti gambar berikut ini.

1346303546151318676
Login via akun Twitter
Setelah Login anda bisa langsung membuat cerita yang anda inginkan. Biasanya cerita tersebut berupa kul-Tweet akun yang anda ikuti. Caranya sangat mudah anda cukup klik Creat ChirpStory pada bagian kanan atas seperti gambar  berikut.
1346303821147451010
Mulai membuat cerita
Setelah mengklik Creat ChirpStory nantinya anda akan mendapatkan halaman yang dibagi dua. Pada bagian kiri terdapat time line anda di Twitter. Biasanya saya saya lebih memilih nama akun Twitter yang melakukan kul-tweet daripada key word agar lebih gampang, seperti gambar berikut ini.
1346304179940512360
mencari tweet yang akan dibuatkan cerita via nama pengguna twitter
Untuk menampilkan tweet pengguna yang anda kehendaki, bubuhkan namanya pada bar yang disedikan, lalu klik Loading. Nantinya akan terlihat sekian banyak tweet yang bisa dipilih untuk dirangkai menjadi cerita. Pada banyak kasus kul-tweet, biasanya pengguna yang melakukannya akan menomori tweet mereka atau dengan melakukan hastag. Saya biasanya kalau melakukan kul-tweet lebih memilih menggunakan hastag.
Setelah didapatkan tweet yang akan dirangkai menjadi cerita, bagaimana menjadikannya satu tempat? Sangat mudah, anda tinggal memindahkan tweet yang anda inginkan ke halaman sebelah kanan seperti gambar berikut ini.
13463045242004756367
Tweet yang sudah dipindahkan
Memindahkan tweet dari sisi kiri ke kanan adalah dengan melakukan drag, angkat tweet tersebut lalu letakkan di sisi kanan halaman. Jangan lupa, anda bisa mengedit dan menghapus tweet ganda dan bisa mengatur tempat tweet sesuai dengan nomor tweet. Setekah terkumpul sangat banyak tweet, kadang ada yang melakukan 100 tweet dalam satu kali kul-tweet dan dirasa sudah cukup baik, anda bisa mengklik Publish seperti gambar berikut ini.
1346304780774452798
Publish cerita
Jangan lupa, beri judul cerita tersebut. Biasanya sebagaimana layaknya artikel blog, judul usahakan menarik agar banyak dibaca pengguna. Nantinya anda akan disarankan untuk men-tweet cerita yang baru saja anda buat, dan setiap waktu tertentu ada update tentang seberapa banyak cerita anda dibaca orang.

Kadangkala, pengguna yang melakukan tweet tidak sekalian dari seluruh tweet di-tweetkan dalam satu waktu. Adakalanya pengguna minum kopi dulu, ke toilet, atau malah cuci piring. Anda tetap dapat mengupdate ceritanya dengan mengedit cerita yang sebelumnya telah terpublikasi. Nantinya ChirpStory akan memberikan kata update di tweet yang anda bagi di Twitter.

Nah tunggu apalagi. Bila anda ingin menulis blog via Twitter, kini saatnya anda menggunakan ChirpStory. Saya baru-baru ini telah melakukan tiga kali kul-tweet atau bercicit-cicit ria di Twitter tentang pendapat saya mengenai beberapa hal yang saya ketahui, yang dirangkai oleh teman Twitter @arli_ap, seorang mahasiswa Indonesia yang kini belajar di Leipzig University, Leipzig. Kul-tweet saya tersebut dapat dilihat sebagai berikut.
1. Android

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
Follow @arli_ap
Follow @InsideErick

1 comment:

  1. Hi, i believe that i noticed you visited my site so i came to return the favor?
    .I am attempting to find things to improve my website!
    I suppose its ok to make use of some of your concepts!
    !

    Also visit my site; buy twitter followers - socialblast.co.uk -

    ReplyDelete