You and Me Never Walk Alone

Tuesday, February 12, 2013

Wisata Kota Bangkok Thailand


Ibukota metropolis Bangkok, atau Krung Thep di kalangan lokal, adalah kota yang menyediakan 1001 keinginan Anda. 

Mulai dari istana-istana, 400 kuil, pagelaran seni tradisional, sampai ke pusat perbelanjaan dan ekstravaganza hiburan kosmopolitan.



Berikut beberapa tempat yang seru untuk dikunjungi.

1)      Istana 


-       Grand Palace (www.palaces.thai.net)
Istana Raja megah ini juga menyimpan Emerald Buddha (Buddha tersuci di 
Thailand). Inilah kompleks kerajaan yang paling sering dikunjungi wisatawan. Di sini kita dapat menyaksikan arsitektur khas Thailand, seperti chedi dan stupa, dan lukisan kuno yang menggambarkan kisah Ramayana. Kisah Ramayana ini juga digambarkan dalam patung-patung hanuman yang menyangga stupa. Selain itu, juga terdapat Royal Thai Decoration dan Coin Pavilion yang menyimpan medali kerajaan dan koin sejak abad 11. 
Jam buka: 8.30 - 15.30, tiket masuk 200 baht (termasuk tiket masuk ke Vimanmek Mansion dan Coin Pavilion). Harap berpakaian sopan dan tidak mengenakan sandal. Lokasi: Na Phralan Road, dekat Sanam Luang. Feri: terdekat adalah Tha Chang Pier, N9. 


-       Vimanmek Mansion (www.vimanmek.com)
Inilah bangunan dari kayu jati terbesar di dunia, berlokasi di Ratchawithi Road. Dibangun oleh Raja Chulalongkorn (Rama V) di tahun 1901, istana bergaya Eropa ini memiliki andil dalam menghalau penjajahan bangsa Eropa. Di sini pula disimpan koleksi kerajaan dari abad 19 dan 20, serta karya kerajinan terbaik dari yayasan SUPPORT Ratu Sirikit. 
Pertunjukan tari klasik Thailand akan tampil setiap pk. 10.30 dan 14.00.

Lokasi: 139/2 Ratchawithi Rd, Dusit. Jam buka: 9.30 - 15.00. Harap berpakaian yang sopan.

-       Suan Pakkad Palace (www.suanpakkad.com)
Berlokasi di Si Ayutthaya Road, kediaman Putri Chumbot dari Nagara Svarga ini menyimpan koleksi seni dan benda antik Asia, kristal, keramik dan benda-benda zaman pra-sejarah. Di sini juga terdapat 8 rumah tradisional Thai.
Jam buka: 09.00 - 16.00. Lokasi: 353 Si Ayutthaya Road. BTS: Phaya Thai, exit 4, jalan 250km.


2)      Kuil Bersejarah:
- Wat Phra Kaeo  Kuil yang menyimpan Emerald Buddha ini terdapat di dalam Grand Palace


- Wat Pho (www.watpho.com)
Bersebelahan dengan Grand Palace, kuil ini menyimpan patung Buddha Tidur raksasa (Sang Buddha memasuki Nirvana) sepanjang 46 meter, sangat impresif. Mata dan kakinya terbuat dari kerang mutiara, bertuliskan 108 ciri agung seorang Buddha.

      Wat Pho juga merupakan pusat pendidikan umum pertama di Thailand, kini menjadi pusat pendidikan pijat ala Thai.
Lokasi: Chetuphon dan Thiwong Road. Dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Grand Palace (900 m). Feri: Tha Tien N8, lalu berjalan di Tha Wang Road


- Wat Traimit (www.wattrimit.com)
      Patung Buddha dari 5 ½ ton emas murni setinggi 3m ini berlokasi di ujung Yaowarat Road (Chinatown). Patung yang sudah berusia 700 tahun ini dahulu ditutup semen untuk menghindari penjarahan perang, lalu terlupakan sampai akhirnya kecantikannya ditemukan kembali di abad modern ini. 
Lokasi: Traimit Road (area Chinatown). MRT: Hua Lampong, jalan 400m. 
Jam buka: 08.00 - 17.00


-       Wat Arun (www.watarun.org)
Disebut juga Temple of the Dawn, sangat indah saat memantulkan remang fajar dan senja. Jam buka: 08.00 - 17.30 setiap hari. Lokasi: Arun Amarin Road, tepi barat sungai Chao Phraya. Dapat pula dicapai dengan feri bolak-balik dari pier Tha Tien N8, di dekat Wat Pho.


- Wat Saket (Golden Mount)
      Berlokasi dekat Ratchadamnoen Avenue, kuil ini menyimpan relik Sang Buddha. Tempat ini juga sangat teduh dan hening, sembari menyaksikan ritual umat Buddha menaruh bunga, lilin dan menyembah sang Buddha. Kita juga dapat naik ke atas untuk menyaksikan panorama kota Bangkok


- Wat Suthat & Giant Swing (www.watsuthat.org)
      Berlokasi di Bamrung Mueang Road, kuil ini terkenal atas mural dan ukirannya yang indah. Patung Buddha utamanya, Phra Si Sakayamuni dibuat di era Sukhothai (1238 -1438 M), dianggap salah satu yang tercantik di kerajaan. Lokasi: Bamrung Muang Rd.
      
Giant Swing: Ayunan raksasa berusia 200 tahun ini dahulu digunakan dalam upacara Brahmanik untuk menghormati Dewa Shiwa. Dahulu, di sini diadakan adu keberanian untuk mengayun setinggi mungkin mencapai kantung uang setinggi 25 meter. Karena terlalu berbahaya, kontes ini kemudian dilarang.


- Wat Benchamabopit (Marble Temple)
      Terletak di Si Ayutthaya Road, kuil ini merupakan salah satu kuil tercantik di dunia, dilengkapi dengan koleksi patung Buddha perunggu yang mempesona.  Lokasi: 69 Rama V Rd. Dekat Istana Chitralada, Distrik Dusit.   

3)      Erawan Shrine (Four Faces Buddha / Shi Mien Fu)
Tempat pemujaan dewa Brahma yang terletak di sudut jalan Ratchadamri dan Phloen Chit ini terkenal sakti dan banyak dikunjungi wisatawan dari Indonesia, Singapura, Hong Kong dan Taiwan untuk meminta berkah dan keberuntungan. Jika terkabul, pemohon biasanya berterima kasih dengan mengadakan tarian dan musik. 
Cara ke sana: BTS Chit Lom, exit 2, lalu berjalan ke depan hotel Grand Hyatt Erawan. Cara lain adalah menyeberang jalan dari Skywalk di depan Central World.


4)      Berlayar di Sungai Chao Phraya 
Dari pelabuhan (pier) Sathorn di dekat stasiun BTS Saphan Taksin, Anda bisa naik kapal menyusuri sungai Chao Phraya dan melewati tempat-tempat wisata terkenal seperti Wat Arun (Temple of Dawn), Chinatown, dan Grand Palace. 
Selain kapal biasa, juga tersedia Chao Phraya Tourist Boat seharga 100 baht untuk naik-turun sehari penuh di 10 pier, termasuk buku panduan dan pemandu. 

Selain itu, tersedia tur ke kanal-kanal tua Bangkok, menyaksikan kapal kerajaan (Royal Barge Museum), kehidupan kuno penduduk Bangkok seperti di abad 19, atau ke kebun durian (Bang Rak Noi Agricultural Centre melalui Klong Om Non)


5)      Jim Thompson’s House (www.jimthompsonhouse.com)
Partner awal Oriental Hotel ini melegenda karena industri sutra Thai yang dikembangkannya. Rumahnya di Soi Kasemsan 2 di Rama 1 Road kini menjadi museum seni Thailand yang cantik.


KELILING PER AREA
6)      Area Khao San Road
Berlokasi di dekat Democracy Monument, pusat turis backpacker dari seluruh dunia ini hiruk pikuk dengan hostel, guesthouse, kafe, nightlife dan aneka macam toko yang menjual segala keperluan turis, mulai dari suvenir, buku second, sampai tatoo dan pilin rambut!
Cara ke sana: Paling baik melalui feri (turun di pelabuhan Banglampoo N13) atau taksi. Web: www.khaosanroad.com


7)      Area Chinatown (Yaowaraj)
Selain jajaran toko, tempat bersantap hidangan China nomor satu, area perdagangan paling sibuk di Bangkok ini juga memiliki berbagai tempat menarik seperti: Wat Traimit, Chinatown Museum, Sampeng Lane, Kuil Tao Chalao Ben Dou Gung, Pasar Kain Pahurat, Wat Mangkhon, Kuil China Neng Noi Yee (Bunga Naga), Masjid Luang Kosha Isharle, Kuil Sikh Sri Gurusingh Sabha. Feri: Ratchawong pier
 

8)      Area Rattanakosin (Kota Bangkok awal)
Kaya akan mahakarya arsitektur dari zaman Raja Rama V, saat budaya Barat mulai mempengaruhi arsitektur Thai. Grand Palace, Wat Pho, Wat Mahathat, National Museum, dan National Gallery, ada di sini. Feri: Ta chang N9


9)      Area Chatuchak
Chatuchak Weekend Market, Children’s Discovery Museum dan Unilever Family Learning Centre, Queen Sirikit Park, Chatuchak Park. BTS: Mochit


10)  Area Dusit
Vimanmek Mansion, Royal Elephant Museum, Anata Samakorn Throne Hall, Dusit Zoo. BTS: Victory Monument, lalu taksi 3 km ke Vimanmek. Dari BTS Victory ini kita bisa berjalan kaki ke Istana Phyathai.


11)  Area Patumwan
Erawan Shrine, Jim Thompson's House, Suan Pakkard Palace, Lumpini Park, Suan Lum Night Bazaar dengan Joe Louis Puppet Theatre, Thai Red Cross Snake Farm, Museum Foto Imaging Technology. Juga merupakan daerah belanja utama. BTS: Siam sampai Chit Lom.

            



Luar Kota Bangkok
1)      Pasar Terapung Damnoen Saduak
2)      Thai Human Imagery Museum
Koleksi patung lilin ini terletak di Pinklao-Nakohn Chaisri Road, Km 31. Menampilkan Raja-Raja dan kehidupan Thailand zaman dahulu, dan kisah-kisah legenda. Jam buka: 09.00 - 17.30. Tiket: Dewasa 200 baht.

3)      Chok Chai farm,
Kehidupan ala koboi lengkap dengan perkemahan yang nyaman ber-AC.

4)      Rose Garden (www.rose-garden.com)
Di sini ada Thai Cultural Centre dan setiap pagi ada 12 macam kegiatan yang bisa
diikuti tamu, seperti pembuatan sutra, keramik, melukis payung, melukis topeng
Khon, pembuatan boneka, mengukir buah, membuat jalinan bunga, dll.
Selain itu ada pertunjukan aneka tarian daerah setiap malam.

5)      Samphran Elephant Ground & Zoo
Berkelana ke alam bersama gajah, menyaksikan gajah melukis, bermain bola dan berperang!

6)      Winery
berlokasi tak jauh dari Chok Chai Farm, tempat pembuatan wine premium Thailand. Tersedia tempat penginapan untuk menikmati suasana perkebunan anggur yang damai.

7)      Berwisata ke Ayutthaya (lihat hal. 30), Kanchanaburi, Hua Hin, Ko Samui, Pattaya atau makan buah sepuasnya di Supattra Land, Rayong (hal. 18).

0 komentar:

Post a Comment