You and Me Never Walk Alone

Saturday, September 7, 2013

Santo Iker Tumbal Perdamaian Madrid-Barca

Pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque, mengungkapkan  Iker Casillas kehilangan tempat di skuat utama Real Madrid ketika era Jose Mourinho karena sang kiper membantu mendinginkan ketegangan Madrid-Barcelona demi terciptanya harmonisasi di skuat Timnas Spanyol.

Saat Mourinho masih menangani Madrid, duel el clasico kerap diwarnai ketegangan, meski beberapa pertemuan terakhir, bentrok yang mempertemukan Madrid dan Barcelona semakin minim kontroversi.

“Benar, dalam momentum sulit untuk tim nasional, ketika duel Real-Barca agak menegang, dia [Casillas]…membantu tim untuk tetap maju dan melanjutkan kemenangan seperti ketika di Euro [2012],” beber Del Bosque kepada stasiun radio Onda Cero, dilansir Reuters, Jumat (6/9/2013).

“Itu tidak berlangsung bagus dan itu mungkin juga memberi efek merugikan bagi Iker,” jelas mantan entrenador Real Madrid itu.

“Dia adalah tokoh kunci dalam membina kerukunan di tim nasional,” terangnya.

Ketegangan mencapai puncak pada Agustus 2011, ketika Mourinho mencolok mata Tito Vilanova yang saat itu menjadi asisten pelatih Barcelona, saat duel Piala Super Spanyol. Perselisihan itu berpotensi ikut memperkeruh hubungan pemain Timnas Spanyol yang mengenakan kostum dua klub, Real Madrid (Casillas, Sergio Ramos, Xabi Alonso dan Avlaro Arbeloa) dan Barcelona (Xavi dan Carles Puyol).

Casillas pun mencoba mendinginkan suasan dengan bertemu Xavi serta Puyol. Hal itu, menurut Del Bosque, ikut menjadi alasan keputusan Mourinho untuk mencadangkan Casillas dan digantikan Diego Lopez di palang pintu utama Madrid pada akhir musim lalu.

Meskipun faktanya, setelah terjadi pergantian pelatih di Real Madrid dari Mourinho ke Carlo Ancelotti, Casillas belum berhasil kembali ke posisinya semula sebagai kiper utama Los Blancos. Kiper Barcelona, Victor Valdes, yang sedang mencapai performa sempurna bersama klubnya digadang-gadang akan menjadi kiper utama ketika Timnas Spanyol bertemu Finlandia pada laga Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2014, Zona Eropa, di Helsinki, Sabtu (7/9/2013) dini hari WIB.

sumber:  solopos.com

0 komentar:

Post a Comment